Tahukah kamu?

Sejarah Pasar Baru

Pasar Baru Bandung merupakan salah satu tempat belanja yang favorit bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pada tahun 1935, Pasar Baru ini sempat dijuluki sebagai pasar terbersih dan teratur se-Hindia Belanda.

Pasar Baru merupakan salah satu pasar tertua yang masih bertahan di Bandung hingga saat ini. Pada zaman Belanda, pasar ini dinamakan Pasar Baroeweg. Pasar Baru Bandung sebelumnya berpusat di daerah Ciguriang, sekitar Jalan Kepatihan. Pasar ini terbakar akibat kerusuhan pada tahun 1842. Ruas jalan Ciguriang sendiri masih ada hingga sekarang ini. Akibat kerusuhan yang merusak berbagai kios ini, pedagang kemudian direlokasi di lokasi sekarang ini.

Pada tahun 1906 didirikan bangunan semi permanen di Pasar Baru Bandung. Bangunan ini dibagi menjadi jajaran pertokoan di depan dan los pedagang di belakangnya. Bangunan ini dikembangkan dan diatur kembali pada tahun 1926. Pasar ini dirombak dan dibangun menjadi lebih modern pada tahun 1970-an. Namun baru pada tahun 2001 dibangun gedung megah untuk menggantikan konsep pasar tradisional sebelumnya. Kemudian, pada tahun 2003 bangunan modern Pasar Baru resmi dibuka untuk umum hingga saat ini.


Sumber : Wikipedia